Langsung ke konten utama

Burung Gagak, Burung Paling Cerdas

Gagak adalah anggota burung pengicau (Passeriformes) yang termasuk dalam marga Corvus, suku Corvidae.
Hampir semua jenis burung ini berukuran relatif besar dan berwarna bulu dominan hitam. Daerah sebarannya ada di seluruh benua dan kepulauan, dengan perkecualian di Amerika Selatan.
Di antara jenis-jenis unggas, gagak diketahui mempunyai tingkat kecerdasan tertinggi di antara para burung. Kualitas ini sudah sejak lama diketahui manusia, khususnya dalam keterampilannya mencuri berbagai alat bantu
manusia. Hewan ini mempunyai kemampuan belajar dan dapat memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya.
Di beberapa kebudayaan dan mitologi, burung gagak kerap dikaitkan dengan sesuatu yang buruk. Di Eropa, gagak dipercaya sebagai burung peliharaan penyihir. Di Indonesia, gagak di hutan dianggap dapat menjadi pertanda kesulitan yang bakal timbul.

Bukti Kecerdasan Gagak Dalam Al Quran

Di dalam Al Quran anda dapat menemukan ayat yang memperlihatkan burung Gagak memberikan contoh bagaimana cara mengubur mayat manusia.

Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi. Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal. [Al Maidah: 30-31]


Bukti Kecerdasan Gagak Dalam Sains

Majalah American Scientific mempublikasikan bukti yang menunjukan bila burung Gagak lebih cerdas dari kera besar. Riset yang dilakukan oleh Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar - ilmuwan dari Vermont University, Kanada dan St Andrews University, Skotlandia menunjukkan, burung Gagak menggunakan logika untuk memecahkan masalah.

Berikut sejumlah kesimpulan dari hasil riset mereka:

1. Saat melakukan percobaan, burung Gagak diberi tugas yang kompleks yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Yang terjadi kemudian sangat mengejutkan, burung Gagak berhasil menemukan kreativitas dan solusi logis dari tugas-tugas tersebut pada kesempatan pertama mereka. Dengan kata lain, burung Gagak tidak melakukan tindakan percobaan trial dan error (coba-coba) terlebih dahulu, melainkan langsung tahu solusinya dan benar.

2. Percobaan lain memperlihatkan bagaimana burung Gagak dapat "memaksa" binatang lain bekerja untuk mereka. Misalnya mendapatkan makanan atau setidaknya untuk mempermudah burung Gagak.

3. Burung Gagak memiliki kemampuan adaptasi yang sangat tinggi. Misalnya dari area gurun pasir kemudian berpindah ke area pegunungan, burung Gagak dapat menemukan suatu cara, misalnya mendapatkan makanan. Dengan kemampuannya burung Gagak dapat menggunakan hewan lain untuk membantunya.

Contoh Video Yang Menunjukkan Berbagai Kecerdasan Burung Gagak

1. Video Burung Gagak Mengadu Domba Dua Kucing


2. Video Persahabatan Burung Gagak Dengan Kucing 


3. Video Burung Gagak Beradaptasi Dengan Lingkungan Perkotaan 


4. Video Burung Gagak Menggunakan Mobil Untuk Memecahkan Kacang


5. Video Burung Gagak Mengeluarkan Kacang Dari Kotak Starbucks





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lambang SMP Negeri 11 Surabaya | LOGO

LOGO SMPN 11 SURABAYA

websites untuk download template PowerPoint gratis

PowerPoint sering kita gunakan untuk presentasi. Selain perlu kesiapan materi yang akan disampaikan,  penampilan presentasi dalam hal ini  slide show  diusahakan semenarik mungkin agar tidak membosankan bagi  auidence . Kali ini saya akan mempostingkan website untuk download template  PowerPoint Gratis. Berikut ini 15 websites untuk download template PowerPoint gratis. 

Trik Menebak Tanggal Lahir (Tanggal, Bulan, dan Tahun) Part I

Hasilnya :  anda bisa menebak tanggal, bulan, dan tahun lahir seseorang hanya dengan permainan angka yang kalian lakukan. Persiapan :   siapkan alat hitung (kalkulator dkk) Permainannya :  pertama, anda jelaskan bla....bla....bla.... tentang sulap ini kepada teman anda agar mereka yakin bahwa anda bisa menebak tanggal lahir seseorang (teman) hanya dengan perhitungan angka yang akan anda lakukan. kemudian berikan kalkulator yang telah disediakan sebelumnya kepada target.  Inilah perhitungan angka yang harus anda lakukan.