Langsung ke konten utama

PAKAIAN HITAM KETIKA NGELAYAT APAKAH AJARAN ISLAM ?

 Pakaian  Hitam Ketika Melayat Apakah Ajaran Islam ?
Kita sering melihat orang-orang yang sedang melayat memakai pakaian hitam. Pakaian Hitam ini seakan-akan sudah tradisi yang berkembang menjadi in atau mode. Baik dari golongan kaum muslim maupun non muslim sudah terbiasa memakai pakaian hitam ketika melayat. Yang jadi pertanyaan adalah apakah menggunakan pakaian hitam termasuk perbuatan yang disyareatkan dalam agama Islam apakah tidak ? Sebab banyak kita lihat orang-orang mengerti/alim mengggunakan pakaian (sarung/celana,baju ) warna hitam ketika melayat.Bahkan tayangan sinetron seakan mengajarkan kepada para pemirsa jika melayat pakailah pakaian hitam.

Jawaban Syareat Islam Atas Pakaian Hitam Saat Melayat

Pada dasarnya menggunakan pakaian hitam adalah boleh, karena Rasulullah pun pernah menggunakan yang berwarna hitam. Hanya saja, ketika suatu jenis pakaian telah menjadi ciri khas dari golongan non muslim seperti pakaian hitam ketika melayat orang mati yang ini adalah kebiasaan golongan Yahudi, maka Imam Ghozali dalam kitab ihya’-nya menyatakan bahwa hukum memakai pakaian hitam dengan niatan ini  adalah haram karena termasuk tasyabbuh (penyerupaan) dengan gaya hidup dan pakaian non muslim. Rasulullah SAW bersabda :

“ Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk dari mereka “
Namun, menurut pendapat dari Imam ‘Izzuddin bin Abdussalam dan Imam Romli adalah boleh dikarenakan pakaian hitam diperbolehkan oleh syari’at, kecuali jika dalam memakai pakaian hitam dimaksudkan untuk menyerupai orang-orang bukan golongan Islam (kafir), maka diharamkan. Pandangan Imam ‘Izzuddin bin Abdussalam, tasyabbuh(penyerupaan) yang dilarang oleh syari’at adalah penyerupaan dengan orang kafir dalam hal yang bertentangan dengan ajaran Islam dan bukanlah pada perkara yang sunnah, wajib atau mubah (boleh).
Adapun mengikuti acara orang selain Islam, maka jika itu adalah acara keagamaan dan bermaksud ikut mensyi’arkan agama mereka, maka dihukumi murtad (keluar dari Islam), na’udzu billah min dzalik. Dan jika hanya ikut menyemarakkan acaranya tanpa memandang pada penyemarakan agama mereka, maka tidak dihukumi murtad namun berdosa.

Kesimpulan Dan Saran Tentang Pakaian Hitam

Alangkah baiknya tidak mengenakan pakaian hitam ketika melayat walaupun ada pendapat ulama’ yang memperbolehkan memakai pakaian hitam tersebut dengan pertimbangan keluar dari khilaf ulama’ yang menyatakan haram sekalipun tidak ada niatan untuk menyerupai orang-orang kafir. Disamping itu, pakaian yang sunnah dan paling disukai oleh Rasulullah adalah pakaian berwarna putih, bukan pakaian hitam. (baca juga TALQIN MAYIT)
Pada saat ini kita banyak terbuai dengan istilah “ TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA “, hingga kita melakukan sesuatu yang sudah melewati batas-batas aturan syari’at seperti ikut merayakan perayaan keagamaan agama lain, mengucapkan selamat pada agama lain seperti ucapan “SELAMAT NATAL”, dan lain sebagainya. Makna toleransi sesungguhnya adalah berkaitan duniawi dan bukanlah berkaitan dengan urusan keagamaan hingga melanggar aturan syari’at agamanya. Dan sengaja memakai pakaian hitam ketika melayat bukanlah termasuk toleransi antar umat beragama.





sumber:ade humaidi 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

websites untuk download template PowerPoint gratis

PowerPoint sering kita gunakan untuk presentasi. Selain perlu kesiapan materi yang akan disampaikan,  penampilan presentasi dalam hal ini  slide show  diusahakan semenarik mungkin agar tidak membosankan bagi  auidence . Kali ini saya akan mempostingkan website untuk download template  PowerPoint Gratis. Berikut ini 15 websites untuk download template PowerPoint gratis. 

Lambang SMP Negeri 11 Surabaya | LOGO

LOGO SMPN 11 SURABAYA

Trik Menebak Tanggal Lahir (Tanggal, Bulan, dan Tahun) Part I

Hasilnya :  anda bisa menebak tanggal, bulan, dan tahun lahir seseorang hanya dengan permainan angka yang kalian lakukan. Persiapan :   siapkan alat hitung (kalkulator dkk) Permainannya :  pertama, anda jelaskan bla....bla....bla.... tentang sulap ini kepada teman anda agar mereka yakin bahwa anda bisa menebak tanggal lahir seseorang (teman) hanya dengan perhitungan angka yang akan anda lakukan. kemudian berikan kalkulator yang telah disediakan sebelumnya kepada target.  Inilah perhitungan angka yang harus anda lakukan.